Enterprise Application Integration ( EAI )

EAI adalah proses program aplikasi komputer perusahaan untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja. Pada dasarnya EAI melakukan shar data antara aplikasi. EAI dapat memiliki beberapa tujuan dapat menghubungkan database berbagai data dan menyediakan database cadangan dalam kasus suatu masalah yang timbul. EAI juga dapat memenyalurkan data menyediakan data penyimpanan, menyalurkan data dari beberapa menjadi satu untuk digunakan secara optimal. Bisnis juga menggunakan EAI untuk menyelesaikan transaksi bisnis tunggal pada beberapa sistem.

1.      Penggunaan EAI

Enterprise Application Integration proses program aplikasi komputer perusahaan untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja. Pada dasarnya EAI melakukan share data antara aplikasi. EAI dapat memiliki beberapa tujuan, dapat menghubungkan database, berbagi data dan menyediakan database cadangan dalam kasus suatu masalah yang timbul. EAI juga dapat menyediakan data penyimpanan, menyalurkan data dari beberapa database menjadi satu untuk digunakan secara optimal. Bisnis juga menggunakan EAI untuk menyelesaikan transaksi bisnis tunggal pada beberapa sistem.

2.      Penerapan XML

XML adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang independen untuk menyimpan dan mengirim data.
contoh penerapan XML dalam pemrograman :
ü  XML adalah bahasa markup seperti halnya HTML
ü  XML dirancang untuk menyimpan dan mengangkut data
ü  XML dirancang untuk bersifat deskriptif sendiri
ü  XML adalah Rekomendasi W3C
ü  XML digunakan untuk membawa data pada API serpti SOAP;
ü  XML digunakan untuk membentuk struktur form pada pemrograman desktop seperti delphi, lazarus, vb, gtk, dll;
ü  XML digunakan untuk membuat layout aplikasi android;
ü  XML bertugas untuk membentuk struktur proyek pada java yang menggunakan Maven;
ü  XML digunakan sebagai format file SVG, DOCX, dsb.
ü  dan masih banyak lagi contoh penerapan XML.
3.      Contoh penggunaan XML

a)      XML dapat memisahkan data dari HTML Dengan XML data dapat tersimpan terpisah dari HTML.  Dengan XML kita dapat berkonsentrasi menggunakan HTML hanya untuk layout data dan tampilannya sehingga kita tidak khawatir perubahan data akan mengubah HTML.
b)      XML digunakan untuk pertukaran data Dengan XML, data dapat dipertukarkan antara sistem yang tidak kompatibel. Dalam kasus nyata, sistem komputer dan database meyimpan data dalam format yang tidak kompatibel satu sama lain. Hal itu menjadi salah satu hambatan bagi para developer untuk mempertukarkan data di Internet. Dengan mengkonversikan data ke XML kita dapat mengurangi kompleksitas masalah dan membuat data yang dapat dibaca oleh berbagai tipe aplikasi.
c)       XML dan B2B Dengan XML, informasi finansial dapat dipertukarkan melalui internet. Dengan XML pertukaran aplikasi B2B (business to business) akan menjadi lebih baik.
d)      XML dapat digunakan untuk membagi data Dengan XML, file teks biasa dapat untuk membagi data. Karena XML data disimpan dalam format teks biasa, XML menyediakan jalan yang independen untuk membagi data. Hal ini memudahkan untuk membuat data yang dapat digunakan oleh aplikasi‐aplikasi berbeda, selain itu juga memudahkan untuk mengekspan dan mengupgrade ke sistem operasi baru, server baru, aplikasi baru dan browser baru.
e)      XML dapat digunakan untuk menyimpan data Dengan XML, file teks biasa dapat untuk menyimpan data. XML juga dapat digunakan untuk menimpan data dalam file maupun database. Aplikasi tertentu dapat dibuat untuk menulis dan mengambil informasi dari tempat penyimpanan dan aplikasi umum dapat digunakan untuk menampilkan data.
f)       XML dapat membuat data lebih berguna Dengan XML, data dapat digunakan oleh lebih banyak orang. Karena sifatnya yang independen dan cross platform maka data kita dapat diakses oleh banyak orang dan tidak tergantung pada standar browser maupun HTML tertentu klien dan aplikasi dapat mengakses file XML sebagai sumber data seperti mengakses database.
g)      XML dapat digunakan untuk membuat bahasa baru XML adalah induk dari WAP (Wireless Application Protocol) dan WML (Wireless Markup Language). WML digunakan untuk memarkup aplikasi Internet untuk peralatan handheld semacam telpon selular yang ditulis dalam XML.


Contoh Coding XML :



WEB SERVICE

Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum,web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

JavaScript Object Notation  (JSON)

JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer.  JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.

Contoh Penggunaan JSON

Ada 2 macam struktur JSON yaitu :

1.      Array Formatnya [value1,value2,value3 ...]
2.      Object yang merupakan kumpulan dari pasangan nama/nilai atau name/value.
Formatnya { name1:value1, name2:value2,name3:value3 ....}

Contoh untuk array adalah :
var arrayKu = ["andi","budi","cica"];
 
Contoh untuk object adalah :
var objKu = {"nama":"budi","posisi":"designer","tahun_masuk":2001};
 

Contoh gabungannya adalah :
var objKu = { "karyawan" :[
                               {"nama":"andi","posisi":"programer","tahun_masuk":2000},
                               {"nama":"budi","posisi":"designer","tahun_masuk":2001},
                               {"nama":"cica","posisi":"finance","tahun_masuk":2002},
                                     ]};
 



Contoh Penggunaan API
adalah seperangkat antarmuka (bisa berbentuk fungsi, method atau URL endpoint) yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi, baik dalam satu platform maupun lintas platform.
Contoh dari API yang lintas platform adalah API Twitter dan Facebook, yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses data pengguna platform tersebut pada aplikasi kita.
·         Berikut ini langkah-langkah membuat API sederhana dengan menggunakan PHP:

Buat Database, (disini saya memakai nama: db_pelindungsatwa)
Buat TABEL dan berinama ANIMAL
·         Isikan Tabel Animal (minimal 1 record)

·      Selanjutnya buat folder di ../xampp/htdocs bernama Pelindung_Satwa, lalu buat file conn.php di folder tersebut

      

·       Isikan code PHP untuk pembuatan Web API




 ·       SELESAI


Komentar